Ulat dan Kupu-kupu

artikel

ulat/blogspot.com

Ulat. Baru denger namanya aja, Sinta udah merinding. Itu binatang nggak ada bagus-bagusnya, udah bentuknya jelek, bulunya bikin gatel di badan, suka makanin daun lagi. Pokoknya nggak keren banget dah! Makanya, begitu ada berita soal ulat yang nyerang suatu daerah, Sinta buru-buru matiin tivi.

kupu-kupu/howstuffworks.com

Tapi anehnya, Sinta nggak pernah ngerasa takut ato jijik tuh, kalo ngeliat kupu-kupu. Padahal, Sinta tau kalo kupu-kupu itu asalnya dari ulat. Sinta suka sekali ama sayap mereka yang warna-warni. Kupu-kupu juga nggak makanin daun kok. Dia cuman ngisepin madu bunga, ato cairan dari buah yang jatuh di tanah trus busuk, kotoran burung, ama tanah basah. Kupu-kupu nggak pernah bikin rugi petani, tapi malah bikin untung, soalnya bantu bunga-bunga berkembang jadi buah.

metamorfosis/akconsulting.eu

Perubahan ulat yang jelek jadi kupu-kupu yang cantik itu disebut metamorfosis. Gimana sih prosesnya? Waktu ulat udah ngerasa mau berubah, dia ngejauhin makanannya, cari tempat buat jadi kepompong. Waktu jadi kepompong, sel-sel tubuh ulat berpencar trus bergabung lagi jadi bentuk yang baru, mirip-mirip Transformer gitu. Waktu semua anggota tubuh udah kebentuk, keluarlah si kupu-kupu dengan sayapnya yang indah!

Nah, sama kayak ulat itu, kita juga musti bermetamorfosis jadi kupu-kupu lho. Firman Tuhan berkata kalo kita musti “menanggalkan manusia lama” trus “mengenakan manusia baru” (Efesus 4:21-24). Kita nggak boleh lagi hidup kayak si ulat, yang bisanya cuman nyusahin dan bikin kesel orang lain. Kita nggak boleh lagi ngerusak ato ngelakuin hal-hal yang bikin orang lain rugi. Kita musti jadi orang yang bawa manfaat buat sesama kita. Kita musti jadi seperti kupu-kupu, yang nyenengin orang lain dengan sayap-sayapnya yang cantik itu.

Apa aja sih yang perlu kita lakuin biar bisa berubah jadi kayak kupu-kupu yang cantik alias mengenakan manusia baru? Pertama, kayak si ulat waktu mo mulai berubah, kita musti ngejauhin diri dari sifat-sifat buruk kita. Kalo di surat Paulus kepada jemaat Kolose, dia ngasih contoh-contoh sifat jelek yang musti ditinggalin, seperti pikiran kotor, serakah, suka marah, fitnah, suka boong, dan sebagainya. Trus, kita musti mulai belajar “kebiasaan kupu-kupu,” yakni mengasihi, murah hati, rendah hati, sabar, mengucap syukur, de-el-el. Baca Kolose 3:5-17 biar lebih jelas, oke?

Mungkin kita nggak bisa langsung berubah 180 derajat, tapi yang penting kita punya kesadaran buat mau berubah. Ulat juga nggak langsung jadi kupu-kupu kan? Sedikit demi sedikit, sel-sel ulat yang lama berubah jadi kupu-kupu yang baru. Kita juga seperti itu. Sedikit demi sedikit kita kurangi kebiasaan ato sifat buruk kita dan kita belajar kebiasaan ato sifat yang baik.  Kita harus banyak berdoa dan baca Alkitab, jadi kita tahu kita musti berubah seperti apa. Tenang aja, Roh Kudus akan menolong kita untuk berubah kok. Selamat bermetamorfosis! ^_^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s