Progresif

Insights

Semua yang hidup pasti bertumbuh, dan semua yang bertumbuh harus bertumbuh ke arah yang lebih baik. Itu yang dinamakan hidup yang progresif. Kita tidak bisa hanya menjalani hidup secara positif, tapi juga harus progresif.

Dulu kita mungkin hanya bisa naik sepeda mini, itu hal yang positif bukan? Tapi apakah kita cukup puas hanya dengan keahlian mengendarai sepeda mini? Seiring dengan bertambahnya usia dan pengalaman, pastilah keahlian kita bertambah. Sekarang mungkin kebanyakan kita sudah bisa mengendarai sepeda motor atau mobil.

Saya percaya bahwa kita semua harus hidup progresif. Kita harus bertumbuh, dan kita harus bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Bertumbuh tidak selalu mudah dan mulus, namun juga bukan suatu hal yang mustahil dilakukan. Akan selalu ada tantangan untuk memiliki hidup yang progresif. Tantangan bisa muncul dari diri sendiri, teman, keluarga, ataupun dari hal yang lain.

Akan tetapi tak peduli sebesar apapun tantangan pertumbuhan yang kita hadapi, kita harus bertumbuh. Bahkan, kita justru harus memanfaatkan tiap tantangan pertumbuhan yang kita hadapi sebagai batu-batu loncatan yang akan membantu kita mencapai posisi yang lebih tinggi. Selain itu, kita harus meyakini bahwa tidak ada gunung yang terlalu tinggi untuk didaki, atau samudera yang terlalu luas untuk diarungi, atau laut yang terlalu dalam untuk diselami.

Kita harus yakin bahwa Tuhan sudah memperlengkapi kita dengan sumber daya yang cukup untuk menghadapi tiap tantangan yang datang. Kita harus mengimani bahwa Tuhan tidak akan memberikan kepada kita tantangan yang melampaui kemampuan kita.

Guys, sebesar apapun tantangan yang kita hadapi, selama kita mau memiliki hidup yang progresif, kita tidak akan menyerah. Bahkan kita akan menjadikan tantangan itu sebagai dorongan untuk maju. Hidup ini terlalu berharga dan terlalu singkat untuk dijalani dalam stagnasi ataupun penyesalan akan masa lalu yang buruk.

Tetaplah bertumbuh, dan bertumbuhlah ke arah yang lebih baik!

Iklan

Satu pemikiran pada “Progresif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s